Q & A : How lighting works ?

Sekedar obrolan ringan dengan teman kuliah yang mempunyai hobi sama dengan saya. Dia menanyakan “bagaimana sih cara kerja flash? trus enaknya make flash seperti apa ya?” Dan dengan sialnya dia menyuruh saya menulis materi tentang flash di blog saya. Dan ternyata itu sangat susah ya, menulis di blog tentang materi pelajaran atau something , lebih baik saya nulis di papan tulis dan praktek daripada saya harus mengetik dan menulis ini itunya hiks.

Sebelum bagaiamana cara kerja flash, ada baiknya kita mengenal macam-macam dari light atau cahaya atau bisa disebut flash atau yang lebih enak kalo kita menyebutnya sumber cahaya. Kalo secara garis besar sumber cahaya dibagi 2, yang adalah :

  1. 1. Main light (cahaya utama) : yaitu cahaya yang menjadi sumber cahaya, yang menerangi objek yang akan di foto. Biasanya main light itu bisa matahari, flash, lampu studio. atau apapun itu.
  2. 2. Ambience light (cahaya suasana) : yaitu cahaya yang ada di sekeliling object, cahaya tersbut bisa berpengaruh dalam foto yang akan difoto ataupun tidak. Dan mataharipun bisa jadi ambience dalam pemotretan. Atau bisa kita sebut ambience light dengan available light bila kita tidak memakai main light yg kuat.

Continue reading

15 Tips Pemotretan Interior dan Arsitektur

Sebelumnya gw udah ngetweet tentang topik ini di twitter, dan ini mungkin versi lengkap dan bahasa dari rangkaian tweet tsb. Walaupun saya jarang dan baru memulai dengan yang namanya foto interior dan arsitektur, tapi saya mencoba membagi berbagai tips dari berbagai sumber dan pengalaman yang pernah saya lakukan :)

#1. Foto arsitektur dan interior itu lumayan sulit, tapi inti dari foto tersebut kita harus mengetahui karakteristik dari cahaya yang ada. karena interior dan arsitektur membutuhkan ambient yang nanti yang di keluarkan harus jelas.
#2. Biasanya foto arsitektur itu menggunakan cahaya matahari, berbeda dengan interior, biasanya menggunakan cahaya buatan. untuk membantu cahaya yang ada di dalam ruangan. pemakain cahaya untuk arsitektur cenderung sulit, karena objeknya besar.

#3. Kalian harus tahu yang namanya waktu emas dari matahari, yaitu pada saat matahari dan tanah tidak lebih dari 45 derajat. biasanya pada jam 6-9 pagi atau 15-18 sore.
Continue reading

Belajar foto untuk pertama kali?

Belakangan ini, trend fotografi dengan kamera sudah sangat berkembang. Sudah banyak orang yang mempunyai kamera Digital Single-lens reflex atau biasa dikenal dengan DSLR. Dan banyak orang yang mengupload hasil fotonya di forum komunitas atau di jejaring sosial, dari yang hobi sampai dengan yang profesional. Tapi bagaimana seorang pemula yang ingin terjun di dalam dunia fotografi?

1. Pelajari kamera yang akan kamu pakai (bukan yang kamu punya), entah itu kamera pinjaman, kamera nyewa atau kamera punya sendiri.Darimana kamera itu berasal itu tidak penting, yang penting adalah bagaiamana kamu mengoperasikan kamera tersebut. Jangan percaya gosip kalo mau jago, harus punya kamera terlebih dahulu. Itu adalah sangat salah! kalo mau mahir tentang kamera anda, bacalah manual booknya!

2. Pahami bukaan, kecepatan , dan sensitifitas cahaya. Bukaan?itu adalah bukaan cahaya atau biasa di kenal dengan diafragman. Semakin besar nilai diafragmanya, berarti semakin kecil lebar bukaannya dan akan semakin detail yang bisa di gambarkan oelh objeknya. Sedang pada kecepatan, adalah seberapa lama cahaya masuk terekam. disana ada nilai yang ada di kamera sekarang biasanya itu dimaksudkan adalah dengan seper dari nilai yang muncul. Jadi bila nilai yang keluar 40 makan sebenarnya 1/40 second cahaya masuk. Dan terakhir adalah sensitifitas cahaya atau biasa di kenal dengan ISO di DLSR atau ASA di kamera analog. Disitu kita harus paham,bagaimana memanfaatkan itu semua. Dengan nilai ISO semakin besar, kemungkinan akan terjadi noise yang besar. Sedangkan untuk menghasilkan detail yang lebih bagus gunakan ISO yang kecil. Tapi jangan takut, bermain dengan noise. Gunakanlah itu sebagai efek yang lebih bagus :)

3. Belajarlah kompisi,  pelajari komposisi dari foto yang akan di hasilkan. Kalian harus tau komposisi dari foto itu harus seperti apa? rule of third, center of interest dan lain lain. Mungkin ada beberapa yang kalian bisa liat disini atau disitu tentang komposisi. Maksimalkan foto kalian dengan penempatan komposisi foto kalian atau biasa di sebut dengan framing.

4. Biasakan cuci mata dengan melihat foto yang kalian suka,dan tiru lah. Itu adalah belajar yang sangat ampuh menurut saya. Karena kalian mempunyai pembanding sehingga kalian bisa banyak belajar. Semakian kalian belajar untuk meniru, kalian akan mendapatkan ilmu yang baru. Kalian akan mencoba setting kamera dan tempat yang bagus untuk bisa menghasilkan foto yang awesome. Jadi cobalah belajar menirut foto kegemaran kalian.

5. Just shot, and think for next shoot. and you can be think and shoot!

6. Yang gak jauh ketinggalan adalah, kenali objek yang mau difoto oleh kalian. Struktur dan sifat dari benda itu bagaimana. Entah benda mati atau benda hidup ( manusia, hewan atau lainnya). Karena foto yang bagus adalah kombinasi dari fotograer, objek dan yang membantu fotografer tersebut. Jadi fotografer tanpa objek nothing. :)

Mungkin sekian tips yang bisa saya kasih. Mungkin masih banyak yang salah, tapi ini lah ilmu yang saya dapatkan. Semoga dengan ini, fotografi indonesia bisa lebih maju. Jayalah Fotografi Indonesia :)

CD Bajakan Vs LimeWire

Wahh,,libur masih ada nih!!jadinya gw bisa deh download lagu2 bagus buat koleksi komputer gw lagi!(itulah kata hati gw).Kenapa gw bilang seperti itu??soalnya gw harus rela menunggu lama klo download di komputer di kosan.Selain koneksinya yang kacrut banget dan banyak banget situs yang di blok sehingga gw tidak bisa untuk mencari2 yang lebih bagus dari yang ada hix,,hix,,

Jadi untuk mengobati rasa musik gw yang cukup besar,walaupun badan gw g besar2 banget tapi rasa musik gw cukup besar hhee,,,jadi gw bisa membeli cd bajakan atau meng copy cd bajakan temen gw (gila yah gw,udah bajakan masih aj di bajak hhee,apa tuh namanya yah?). Tapi untuk cd bajakan in,yang gw beli ada cd bajakan dari artis luar.Kenapa???karena gw masih menghargai karya2 anak bangsa jadi belinya yang asli hhee,,

Tapi kerugian gw beli cd bajakan adalah gw harus rela beli tuh semua lagu yang gw suka dan gw g suka di album tsb!Jadinya terkesan sayang,makannya gw mending download di internet aj.Soalnya gw bisa milih lagu yang gw mau dan gw g mesti bayar untuk mendapatkan itu lagu hhee..

Makannya gw download aj tuh software download di inernet yang bernama LimeWire.Apa itu LimeWire??apakah itu semacam jenis minuman lemon??jawabannya adalah tidak!!!karena itu adalah software dimana kita bisa mendownload apa saja,bisa software atw g musik atw apa pun itu.Kita tinggal menulis keyword yang kita mau dan tinggal mengklik tombol search dan tunggu beberapa saat maka keluar yang kita inginkan.Enaknya dari LimeWire ini adalah kita bisa mencar lagu2 yang gw bilang jarangdi cari di tempat2 cd bajakan.Dan kita dapatkan lagu itu dengan GRATIS!!hhee,,tapi ruginya,lo agak susah untuk mendownload lagu dalam negeri dan banyak virus yang berkeliaran di LImewire,jadi kalian mesti hati2 yah!!(pasang antivirus dulu yah hhee.red)

gmbar contohnya limewire

Nah sekarang tinggal enakan mana yah,Nyari lagu di CD bajakan atau LImewire?
buat kalian yang baca blog ini kira2 enakan yang mana yah???

buat yang mau download LimeWire,bisa klik sini