TEDx Jakarta : AWESOME!

This is TEDx Jakarta

Hari sabtu (13/08/11) ini saya diberikan kesempatan untuk datang ke acara yang sangat keren, dasyat dan inspiring. Bukan acara seminar seperti yang ada di kampus, yang membuat kita hanya duduk dan terkantuk tanpa memberikan kita motivasi atau gerakan untuk terpacu. Di sebuah tempat dibilangan Jakarta, di venue yang sangat keren bernama JIS (Jakarta International School) diselenggarakan sebuah acara bernama TEDxJakarta. Dengan membawa tema Journey to Return, dengan membuat anda kembali kedalam masa lalu agar masa depan yang lebih baik.

Acara ini sudah dipadati oleh puluhan bahkan ratusan yang siap mendengarkan sebuah “spread ideas” yang membuat kita menjadi lebih bergerak untuk sebuah kemajuan. Acara ini dibuka oleh petikan gitar dari Jubing, yang bermain melodi lagu yang sarat dengan nostalgia, dan tidak lupa kami para penonton memberikan tempuk tangan yang meriah untuk Jubing atas petikan gitarnya (applause).

The auditorium full of awesome people

Acara ini buka oleh petikan dasyat dari @jubing_guitar

Didalam acara ini dibagi menjadi tiga session, yang membuat kita benar-benar “Journey to Return”, pembicara pertama dimulai dengan wanita yang mempunyai visi memberikan kedamaian dalam beragama. Tidak menjadikan agaman sebagai alasan dalam berbuat, seperti cerita beliau yang sangat ironis adalah “kita di ajarkan disuruh ini-itu untuk agama, tapi kita tidak diberikan konsep mengapa kita melakukan itu, sehingga kita menjadi merasakan terpaksa. Dan ada baiknya kita menjalankan ibadah sebagai media ketengan dan menjadikan kita iklash, bukan karena keterpaksaan dan berbalik pamrih”.

@musdahmulia membeberkan tentang agama yang menjadi penyatu dan pemberi damai

Setelah pembicara perempuan yang pertama, dilanjut oleh lelaki yang gemulai dan humoris, mas Didik Nini Thowok. Beliau adalah penari cross-gender, sebuah tarian yang biasa ditarikan perempuan tetapi ditarikan oleh lelaki. Menjadi sesuatu yang menarik, beliau dari kalangan minoritas, kristen, cina dan gemulai yang membuat dia di olok-olok sebagai banci. Banyak kata-kata yang menarik dari mas didik, seperti ini

Mas didik nini thowok menarikan salah satu tarian bali

Dilain sisi mas didik nini thowok menarikan tari topeng

“If we believe in compassion, age and gender will no longer matter.” Didik Nini Thowok

mas didik nini thowok dalam kondisi pria seutuhnya :D

Didalam foto saya menuangkan dia dalam tiga pribadi, pribadi dwimuka pada tarian cross-gender nya. Dan pada saat dia tidak menari, menjadi lelaki seutuhnya. Sebuah pribadi yang menarik dan mempunyai khas yang humoris.

@arifabdillah memberikan ide menjadi orang kepo dan bocor dengan project 365 hari, 100 jawaban dan 1 pertanyaan

Pri ini pribadi yang lucu dan humoris, saya sempet berbicara tentang project, Dia banyak menceritakan tentang project tersebut dan menurut saya sangatlah menarik, karena dia melakukan “kepo” dan “bocor” didalam satu tempat. Dan Dia mempunyai prinsip bahwa saat kamu mau bahagia adalah, kamu hilangkan ketidak bahagian kamu. Project dia adalah http://langkahkaki.com/ , tempat kamu bercerita tentang rahasia kamu, dan membuat kamu tidak sendiri dalam masalah itu. Karena setiap pribadi manusia mempunyai masalah, dan kamu tidak sendiri!.

to share secrets is to get rid of loneliness, self loathe and what seem to be the biggest problem on earth. @arifabdillah

menjadi enterpreuner yang berada di lingkungan hijau, John Hardy membuat green school di ubud dan memjadi pebisnis lingkungan hijau

Saya tidak bisa bercerita banyak tentang beliau, John Hardi. Tetapi beliau mempunyai visi yang sangat hijau dengan sekolah hijaunya!

Dhira Narayana berbicara tentang benih ganja yang memberikan kehidupan yang lebih baik

Apa yang kamu pikirkan bila mendengar kata ganja? semua hal yang buruk, datangnya dari benda itu. Tetapi tidak dengan Dhira Narayana. Orang ini adalah orang yang mempunyai ide dan sebuah analisis bahwa ganja tidak membuat kita menjadi lebih buruk, tapi ganja adalah sesuatu yang sangat berharga yang membuat kita menjadi lebih baik. Coba berkunjung ke http://www.legalisasiganja.com/

wanita yang mirip dengan lenka ini, wojkowska memberikan sumbangsihnya tentang alternatif pengembangan alat untuk daerah2 di Indonesia

Dia adalah wanita yang menginspirasikan kepada kita tentang bagaimana kita mengembangkan sebuah alat sederhana yang memberikan kehidupan lebih baik kekeadaan yang kurang baik. Lalu pembicara selanjutnya adalah sebuah pakar didalam bidang kelautan yang meniliti tentang bagaimana tsunami bekerja dan bagaimana kita menanggulanginya. Berharap kita tidak menjadi bodoh karena tidak mempelajari yang sudah pernah kita alami. Pak Ridwan Djamaluddin adalah orang yang tepat untuk masalah tsunami, belajarlah dari beliau.

berbicara tentang bencana, dia adalah orangnnya. Ridwan Djamaluddin

orang ini lucu, menarik dan humoris. Dan dia mengajak kita bergerak @sivers

Mari bergerak, jadikan kita bergerak. Beliau mempunyai 4 tahapan yang membuat kita lebih maju. Dengan memberbanyak kita bergerak memberikan kita quantitiy sehingga dari quantiti dari barang yang sama kita buat, menjadikan kita quantity=quality.
Dilanjut dengan anjuran membaca dari @mohammadnoer yang membuat kita harus cepat dalam membaca yang membuat kita terangsang akan respon dalam berpikir dan menganalisa dari seluruh rangkain kata, dan tidak hanya dari satu persatu kata saja. Benar-benar membuat kita mengingat ajaran yang sudah kita lupakan sejak dahulu kala.

kembali ke dasar, yah membaca. muhammad noer memberi tahukan kekita betapa pentingnya membaca

Dia adalah pria yang membuat saya iri, karena dia sudah berkunjung hampir keseluruh bawah laut indonesia. Dengan foto yang indah membuat kita mempunyai dunia lain di bawah laut. Pinneng, kita mengenal nama itu. Dengan majalah membuat kita lebih dekat dengan sumber daya alam bawah laut Indonesia yang mempunyai database lengkap dari seluruh terumbu karang di dunia.

salah satu yang saya menarik, karena sesama fotografer. Bedanya dia membawa dunia bawah laut menjadi menarik. @pinneng

Orang ini adalah orang yang paling saya kagumin selama di TEDxJakarta. Dia adalah sarjana lulusan mainan, mungkin dia mempunyai gelar sarjana mainan :)). Dari kecil sampai sekarangpun dia mempunyai tempat main yang hebat. Dengan tempatnya yang kita bisa sebut dengan sanggar. Dia membuat mainan tidak hanya menjadi sesuatu yang sia-sia, tapi menjadi sesuatu yang bermakna.

HAM pimpa alai HUM, GAMBRENG! HAM adalah Tuhan, dan GAMBRENG adalah ingat. Ini menyatakan bahwa kita bermain dengan melakukan sesuatu yang dari Tuhan dan kembali ke Tuhan, dan INGATLAH itu. alif zainal

filosofi dari permaianan anak ternyata terlalu luas, ini yang dikatakan oleh seorang alif zainal. Ternyata dari congkak yang mempunyai tujuh lubang, adalah menandakan bahwa itu adalah jumlah hari yang ada dalam seminggu, dan bagaimana kita memanfaatkan hasil yang kita punya setiap hari dengan menolong orang lain tanpa mengasihinya. Ataupun permainan engklek yang membuat tujuh kotak yang menandakan hari dalam seminggu juga dan membuat setiap orang mempunyai tempatnya masing-masing dan kita harus menghargainya. Dan banyak permainan anak-anak lainnya yang membuat saya tercengang atas penjelasan dari mas alif zainal. Dia sangat menginspirasi!

Dia adalah orang yang sangat cemerlang, dengan pengetahuan tentang mainannya. Zaini Alif

@zainialif bercerita tentang semua permaian anak-anak/tradisional di dunia

Yah dia adalah orang yang sudah 13 tahun menjadi wartawan dan berhenti karena mengejar passionnya dan kembali memetik gitar indahnya. Dia adalah seniman sejati!

@jubing_guitar yang mengejar passionnya didalam gitar

Ini adalah salah satu speaker yang tidak terduga, dia adalah legend dari dunia Indonesia. Pak raden, biasa kita kenal. Dia sudah dikenal dari waktu saya masih kecil, bercerita dengan suara tegas dan suara naratifnya. Dan selalu bergambar didalam ceritanya. Orang yang mempunyai karakter dan orang yang sangat, yah saya hanya bisa dia adalah legend, mungkin dia berhak mendapatkan life achievement!

the last speaker! the special weapon! @_pakraden_

intinya adalah, saya kagum dengan acara ini, tidak ada habisnya saya berdecak kagum. Sayapun bertemu dengan teman baru dan membuat saya menjadi termotivasi dalam berkarya. Dan saya mempunyai cita-cita menjadi salah satu speaker di TEDx :D . Disini ada slideshow untuk acara kemaren, silahkan dilihat saja ya. semoga foto-foto ini membuat kalian iri :p

This slideshow requires JavaScript.


ps. saya puas dengan acara ini, ini acara yang priceless. btw, foto ini di ambil oleh kamera BB dan kamera dslr yang di anterin sama ade saya dengan memohon-mohon :D. oh ya, satu lagi. mungkin karena ini fotonya di sesuaikan dengan kecilnya blog, jadi klik aja biar gede :D

5 thoughts on “TEDx Jakarta : AWESOME!

  1. Salam kenal Zaky. Terima kasih atas postingnya yang luar biasa tentang TEDx Jakarta. Saya pun sangat menikmati acara tersebut.
    Mau minta izin apakah saya boleh memakai foto yang ada di posting ini? Saya akan buat link ke sumbernya. Terima kasih sebelumnya.

    • silahkan mas noer, saya juga menikmati acara tersebut kok.
      Terima kasih juga mas noer atas sharing sesuatu yang terlupakan yaitu membaca cepat. Membuat kita yang lupa menjadi tersadar :)

  2. Pingback: Pengalaman Berharga di TEDx Jakarta 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s