Barudak Bandung (Bandung People)

Barudak adalah bahasa sunda untuk orang di suku sunda, salah satu suku dari sekian banyak suku yang berpencar di Indonesia. Bila di salah satu postingan saya terdahulu, saya mebahas orang jakarta yang sangat sibuk sekarang saya membahas orang bandung atau biasa di sebut dengan orang sunda. Minggu yang sangat ngantuk, disertai anak photost dari berbagai angkatan. Akhirnya saya, wira, hardo dan beberapa teman saya yang lainnya pergi keliling bandung. Dengan polosnya tidak tahu arah akhirnya kita menancap gas, sampe di simpang lima akhirnya kita memutuskan kedaerah kosambi. Di daerah kosambi, akhirnya muter-muter beberapa lab untuk keliling mencari objek foto yang bisa di abadikan.

Pertama saya niatnya ingin mengambil foto asap ngebul dari bus Damri yang sudah sangat tua, tapi ternyata damri itu tidak kunjung datang. Dan akhirnya saya berkeliling di kisaran kosambi. Akhirnya saya menemukan 4 orang didaerah sana. Barudak Bandung yang mempunyai pekerjaan yang berbeda-beda.

The PendicabTukang Becak (The Pendicab), melakukan pose OK dengan senyumnya pada saat saya mengarahkan kamera kehadapannya

The Ornamental fish sellerTukang Jualan Ikan Hias ( The Ornamen Fish Seller), sedang menyiapkan dagangannya (ikan hias) di pagi hari. Mengatur tata letak ikannya agar indah.

The TailorTukan Jahit (The Tailor), sedang mengerjakan pesanan. Sewaktu saya memfoto beliau, dia tetap cuek dan asik melakukan pekerjaannya

The UnkwonSi Tidak tahu (The Unkwon), saya tidak tahu pekerjaannya apa dan keperluan dia di kosambi apa, tapi dia minta di pose dan langsung bergaya pada saat kamera di arahkan padanya

The JanitorTukang Angkut Sampah (The Janitor), sedang melakukan tugasnya dengan beberapa rekan2nya untuk mengangkut sampah yang sudah berserakan di jalan. Bandung yang dulu kota kembang, sedang dibersihkan kembali agar tetap harum seperti julukannya.

Beberapa potret yang saya ambil di daerah kosambi, yah agak pagi disaat matahari masih segar dan saya masih ngantuk. Saya harus hunting untuk mengambil foto yang bagus. Walaupun foto yang saya inginkan tidak dapat, tapi saya dapat foto yang menarik. Tunggu saja tanggal mainnya.

ps. tips, pada saat anda akan mengambil foto seseorang, harap minta ijin. Mencegah bila dia mengamuk pada saat difoto. Ada beberapa orang yang tidak suka difoto loh. HALO BANDUNG!

4 thoughts on “Barudak Bandung (Bandung People)

    • ada lagi yang lebih keren. yang di truk sampah. tapi karena mau dipake untuk FFK jadi publish atau g ya?enakan mana nih wir?publish atau ga?

  1. Halo salam kenal,

    Maaf ya sebelumnya cuma pengen meluruskan istilah “Barudak Bandung” sebagai judul artikel diatas.

    Barudak Bandung artinya bukan “Orang Bandung” tapi lebih tepat adalah “Anak-anak Bandung”, Barudak merupakan bentuk jamak dari kata budak yang artinya anak.

    Kalau orang Bandung dalam bahasa sunda lebih tepatnya “Urang Bandung”.

    Wassalam.
    Asep Tea

    • halo kang asep

      emang mksdnya anak-anak bandung. Karena yang di kenalkan tidak hanya satu orang hehe.
      terima kasih akang, sudah mengoreksi, bisi sesekali bisa dikenalin ke temen2nya biar bisa dibuat portraiturenya :)

Leave a Reply

