Belajar foto untuk pertama kali?

Belakangan ini, trend fotografi dengan kamera sudah sangat berkembang. Sudah banyak orang yang mempunyai kamera Digital Single-lens reflex atau biasa dikenal dengan DSLR. Dan banyak orang yang mengupload hasil fotonya di forum komunitas atau di jejaring sosial, dari yang hobi sampai dengan yang profesional. Tapi bagaimana seorang pemula yang ingin terjun di dalam dunia fotografi?

1. Pelajari kamera yang akan kamu pakai (bukan yang kamu punya), entah itu kamera pinjaman, kamera nyewa atau kamera punya sendiri.Darimana kamera itu berasal itu tidak penting, yang penting adalah bagaiamana kamu mengoperasikan kamera tersebut. Jangan percaya gosip kalo mau jago, harus punya kamera terlebih dahulu. Itu adalah sangat salah! kalo mau mahir tentang kamera anda, bacalah manual booknya!

2. Pahami bukaan, kecepatan , dan sensitifitas cahaya. Bukaan?itu adalah bukaan cahaya atau biasa di kenal dengan diafragman. Semakin besar nilai diafragmanya, berarti semakin kecil lebar bukaannya dan akan semakin detail yang bisa di gambarkan oelh objeknya. Sedang pada kecepatan, adalah seberapa lama cahaya masuk terekam. disana ada nilai yang ada di kamera sekarang biasanya itu dimaksudkan adalah dengan seper dari nilai yang muncul. Jadi bila nilai yang keluar 40 makan sebenarnya 1/40 second cahaya masuk. Dan terakhir adalah sensitifitas cahaya atau biasa di kenal dengan ISO di DLSR atau ASA di kamera analog. Disitu kita harus paham,bagaimana memanfaatkan itu semua. Dengan nilai ISO semakin besar, kemungkinan akan terjadi noise yang besar. Sedangkan untuk menghasilkan detail yang lebih bagus gunakan ISO yang kecil. Tapi jangan takut, bermain dengan noise. Gunakanlah itu sebagai efek yang lebih bagus :)

3. Belajarlah kompisi,  pelajari komposisi dari foto yang akan di hasilkan. Kalian harus tau komposisi dari foto itu harus seperti apa? rule of third, center of interest dan lain lain. Mungkin ada beberapa yang kalian bisa liat disini atau disitu tentang komposisi. Maksimalkan foto kalian dengan penempatan komposisi foto kalian atau biasa di sebut dengan framing.

4. Biasakan cuci mata dengan melihat foto yang kalian suka,dan tiru lah. Itu adalah belajar yang sangat ampuh menurut saya. Karena kalian mempunyai pembanding sehingga kalian bisa banyak belajar. Semakian kalian belajar untuk meniru, kalian akan mendapatkan ilmu yang baru. Kalian akan mencoba setting kamera dan tempat yang bagus untuk bisa menghasilkan foto yang awesome. Jadi cobalah belajar menirut foto kegemaran kalian.

5. Just shot, and think for next shoot. and you can be think and shoot!

6. Yang gak jauh ketinggalan adalah, kenali objek yang mau difoto oleh kalian. Struktur dan sifat dari benda itu bagaimana. Entah benda mati atau benda hidup ( manusia, hewan atau lainnya). Karena foto yang bagus adalah kombinasi dari fotograer, objek dan yang membantu fotografer tersebut. Jadi fotografer tanpa objek nothing. :)

Mungkin sekian tips yang bisa saya kasih. Mungkin masih banyak yang salah, tapi ini lah ilmu yang saya dapatkan. Semoga dengan ini, fotografi indonesia bisa lebih maju. Jayalah Fotografi Indonesia :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s