Jakarta People

Jakarta atau biasa di kenal dengan ibu kota dari Indonesia. Sudah banyak orang yang keluar masuk kekota ini, untuk mencari peruntungan atau sudah lahir dan berkembang biak di kota ini. Hampir setiap tahunya penduduk di kota ini bertambah, seiring dengan dengan acara yang bernama mudik, setiap kepala keluarga yang pulang, atau pembantu rumah tangga yang pulang di barengin “bawaannya” yang ikut memenuhi populasi ibu kota jakarta. Mencari peruntungan atau ingin mendapakan kehidupan yang lebih bagus menjadi alasan kuat untuk hijrah ke jakarta.

Tidak hanya itu, Jakarta juga terkenal dengan kekejamannya, jakarta keras lebih keras dari beton mungkin. Sesuai dengan anekdot dari Jakarta adalah, Ibu kota lebih kejam dari ibu tiri. Tetapi di 22 Juni 2010, Jakarta sudah melalui 488 tahun, menjadi jakarta yang sekarang. Dipenuhi oleh skycrapper dan dipenuhi dengan perantau yang mencari peruntungan yang memberikan benih-benin ketidak jelasan, sehingga membuat penduduk jakarta harus lebih kreatif untuk bertahan hidup. Memilih banyak lapangan pekerjaan, sesuai dengan kemampuan yang ada dari kampung halaman. Di jalanan yang keras, mereka mencari “kupon sesuap nasi”.

Saya memulai perjalan ini jam 10 pagi untuk mengenal seperti apa orang yang ada di jakarta ini.

M 01 sidekicksaya lupa nama dia siapa, dya adalah kondektur dari M 01 jurusan kp.melayu – senen, sedang menunggu giliran mikroletnya jalan sambil menikmati berita di pagi hari.

blind beggarPengemis di jalan jakarta sudah banyak, salah satunya dia. Mengemis di tengah-tengah keramaian pasar baroe, dengan ember nya dia meminta koin-koin ataupun receh untuk biaya hidupnya. Si Butapun berjuang

joy, the painterjoy, sudah 5 tahun menjadi pelukis di daerah pasar baru. Saya takjub dengan lukisan einsten yang dibuat oleh dia, seperti foto. Dia mengaku membuatnya seminggu dengan setiap harinya menghabiskan sekitar 1-2 jam.

hendru, the ojeg driverSaya bertemu dengannya di saat saya ingin menaiki TransJakarta terminal pasar baru, dan saya dipanggil untuk memfoto dia, maka saya foto saja dia, ternyata dia agak narsis. Hendru asal Jawa, merantau ke Jakarta untuk lebih baik.

fredi, transjakarta keeperFredi, menjadi petugas yang ada di dalam TransJakarta, dan siang itu bus yang saya tumpangin sangat kosong dan hanya ada saya dan teman-teman saya.

the monkeyTopeng monyet, sudah sangat terkenal di pelosok negeri ini, di Jakarta kadang menjadi hiburan tersendiri di padatnya ibukota ini.

erick&bagasErick (kiri) dan Bagas (kanan) adalah kaka beradik yang tidak sekolah, mereka bermain di taman tertutup dekat terminal transJakarta, minimnya lapangan bermain, mengharuskan mereka mencari sarana bermain sendiri. Hingga kucing di jalananan pun dibuat menjadi mainan untuk mereka

lucky, the saxBeruntung saya bertemu dengan sipelantun nada merdu disaat saya turun dari dukuh atas untuk menaikin bus lainnya. Saya mendengar lantunan dari saxophone, Lucky, itulah namanya. Sudah 3 tahun dia berlatih di atas jembatan untuk menjadi pemain Sax yang lebih baik lagi. Bila ingin melihatnya,kamu bisa lihat dia di Tony & Jack pada hari sabtu malam

Saya memotret 8 orang dari tempat, umur, pekerjaan yang berbeda. Sesuatu yang menari yang bisa saya lihat di ibu kota ini. Kita bisa mengetahui lebih lagi bila kita ingin, tinggal bagaimana kemauan kita untuk maju. Orang Jakarta mungkin individualismenya tinggi, tapi mereka juga ramah, tinggal bagaimana kita berkomunikasi saja :)

ps.buat yang di luar Jakarta ingin hijrah ke sini, setidaknya mikirkan masak. Jakarta keras nan keja. Jangan tanpa bekal, kau datang kesini. Lebih baik majukan daerah kalian, buatlah Jakarta kalian sendiri. Dan untuk Jakarta selamat ulang tahun! Saya mendapatkan banyak pelajaran berharga pada saat ulang tahun kamu!

One thought on “Jakarta People

  1. Pingback: Barudak Bandung (Bandung People) « Zaky Akbar's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s