Insomnia = kegilaan sesaat?

Insomnia adalah gejala[1] kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif.[2] Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

kalo gw search di wikipedia (ensiklopedia yang mayan lengkap untuk berbagai kata yang asing bagi kalian) itu lah arti dari insomnia. Biasanya penyakit ini banyak di derita di negara maju (eropa, amerika, dll -red), dan sangat jarang terjadi di negara berkembang (contohnya indonesia -red). Tapi pada nyatanya gw dan beberapa temen yang sedang berchat dari tadi malam sampe sekarang (jam 3:44 AM waktu MACBOOK gw -red) dengan obrolan yang makin lama makin ngelantur. Dari yang ngomongin masalah have fun, pacar, nikah, trus baygon, kangen2an dkk.

Setelah gw melihat-lihat lagi dari pembicaraan yang telah terjadi antara gw dan temen2 gw yang masih hidup pada jam-jam segini gw bisa mengambil sebuah analisa.yaitu :
otak ngawur akan berbanding lurus dengan jalannya waktu ke arah subuh
tapi grafik itu akan turun setelah subuh.kenapa?kalo menurut analisa gw adalah otak akan kembali jernih setelah mendengar azan subuh(hahaha).

setalah gw berbica ngawur,akhirnya gw menemukan beberapa fakta tentang insomnia
Penelitian di berbagai negara menunjukkan hasil bahwa

“wanita lebih sering mengalami insomnia daripada pria (2 : 1).
Di Skotlandia, 45% dari wanita yang berusia lebih dari 75 tahun
mempunyai kebiasaan makan obat tidur secara teratur. Penelitian
Mc Ghie dan Russell tersebut di atas terhadap 400 orang berusia
15 – 24 tahun, 5% diantaranya mengalami insomnia. Pada
penelitian di Jakarta tahun 1988 terhadap 2500 siswa SLTP
Negeri, sekitar 31% mengaku sering susah tidur.”

” banyak wanita yang susah tidur biasanya pada maen internet dan menyalakan aplikasi Yahoo! messenger(Y!M) atau MSN di komputernya untuk mencari siapa saja kah yang masih melek,untuk menemaninya sampai pagi atau tertidur.”

“kegilaan seseorang di munculkan dari lees to do nya seseorang dan beberapa hal yang menyebabkan ke stressan tingkat tinggi yang menyebabkan seseorang tersebut berhalusinasi yang tidak dan melakukan yang tidak-tidak.Sehingga kegilaan sesaat tersebut menjadi nyata dan ngelantur kemana-mana.Mungkin kegilaan tersebut dengan membuat teori yang tidak berdasar dan hanya mengandalkan pengalaman yang kosong[hahaha]”

dan banyak faktanya lainnya,yah mungkin slah satu dari kalian bisa menyebutkannya?Tapi fakta yang jelas adalah bila kamu kurang tidak tidur di atas jam 00.00 AM maka bisa dinyatakan anda terkena insomnia,klo enggak berarti besok anda ada ujian yang mengharuskan bergadang sampai besok pagi,karena materinya masih banyak yang lum anda baca![haha]

but fact or not, kenapa banyak orang indonesia yang SKS (sistem kebut semalam) adalah karena kebudayaan kita dan kebiasaan kita adalah mengerjakan sesuatu itu dalam semalam. Itu sudah di tanamkan dari nenek moyang kita. Bisa kita lihat candi prambanan yang di buat hanya semalam, lalu tangkuban perahu dan beberapa tempat yang hanya di buat semalam. Jadi jangan di salahkan bila para penerus dari nenek moyang kita pada SKS [hahha]

photo gila!

photo penulis yang mulai gila!

tampang gw susah tidur dan streess(bonus pic hehe)

7 thoughts on “Insomnia = kegilaan sesaat?

  1. @jeng ay
    hahaha,,,indonesia sok2an ikut2an penyakit di eropa tapi negaranya kagak ikutan berkembang hahaha

    @wira
    sial lu wir!!!

  2. zak.sekarang insom gw makin menggila.
    karna libur and surely i dont have any job, so gw bisa ngenet sambil tiduran ampe pagi ampe mentari bersinar! jadi gw tergolong yg mana ya? haha

  3. Ngomongin insomnia jadi ingat masa silam seabad yg lalu, waktu masih sekolah n pengangguran.
    paling cepat bubu setelah jam 2 pagi. walhasil sholat subuh dan dhuha jadi jamak taqdim. ckakakaaaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s