Bahasa dan Bangsa Indonesiaku

Gw terinspirasi dengan blog temen gw yang menggunakan bahasa yang agak formal, atau lebih tepatnya bahasa buku yang sopan. Yaitu memakai kata peganti yang baku. Walaupun nilai Bahasa Indonesia gw pas UN itu lebih tinggi di bandingkan Bahasa Inggris, tapi pemakaian bahasa inggirs gw lebih bagus dari pada pemakaian bahasa indonesia [hehe].Lagipula waktu itu gw juga pernah menunjukkan blog gw ke temen dunia maya gw. Dan komen dari dya adalah, bagus koq tulisannya tapi gw kurang suka aja. Gwpun bingung, kenapa dya tidak suka ya??Ternyata jawaban dya adalah “iya gw kurang suka karena lo memakai bahasa ganti orang itu dengan gw-lo, menurut gw bacaan itu lebih baik kalo memakai kata saya-kamu”.Tapi karena menurut gw ah sama aja kayak deh antara saya-kmu dan gw-lo, karena menurut gw itu klo gw pake gw-lo, lebih friendly dan lebih asik aja[hehe]. Tapi ternyata setelah melihat-lihat lagi bahasa formal dalam dunia tulis menulis lebih enak pake saya-kamu deh.Jadi gw putuskan untuk paragraf selanjutnya dan postingan selanjutnya gw akan memakai kata ganti saya-kmu.

Sesuai janji saya, saya telah memakai kata ganti orang dengan saya-kmu :D .Menurut kalian para bangsa Indonesia, apakah kalian masih menggunakan bahasa indonesia yang baik dan bener yang sesuai dengan EYD yang berlaku. Saya yakin tidak![haha].Kenapa?yah contoh real-nya (baca : nyata) aja, banyak guru yang mengajar bahasa Indonesia menggunakan bahasa slank(dalam artian bahasa slank ini adalah seperti memakai gw-lo). Nah itu adalah salah satu bukti dari sekian banyak bukti-bukti bisu.

Entah kapan bahasa Indonesia asli sudah mulai terkikis dengan bahasa lainnya. Contoh dengan bahasa Inggris atau dengan bahasa terapan dari Cina atau dari negara lain. Seperti yang lagi polpuler sekarang adalah muculnya sebuah virus yang menyebabkan bahasa indonesia mulai rusak, pembuat tren baru dalam bahasa Indonesia. Yaitu adanya influence (baca : terpengaruh) dari bahasa jerman yang di bawa oleh artis remaja yang heboh. Entah kenapa saya kurang suka dengan artis ini, apa karena lebay dan selalu heboh atau karena bawaan saya yang tidak terlalu suka dengan cewe yang seperti itu y?yang sok-sokan dan lebay berlebihan. Yah, terserahlah [hehe].

Yah saya sebagai bangsa Indonesia yang bangga dengan negeri sendiri( tidak dengan orangnya :D ).Maka saya cukup prihatin dengan banyak bahas yang masuk yang masuk yang juga merubah kebiasaan dari kehidupan bangsa Indonesia apalagi anak muda yang sekarang. Mereka cenderung meninggalkan bangsa sendiri, mereka lebih tertarik dengan budaya baru yang datang dari luar (terutama dari budaya barat). Sekarang anak balita tidak pernah lagi mendengarkan lagu balonku, pelangi dan lagu anak-anak yang lain. Tapi mereka lebih suka mendengarkan lagu-lagu dari artis yang bertemakan cinta. Gimana bisa mau maju Indonesiaku kalau dari generasi mudanya saja kebiasaannya seperti ini. Banyak anak kecil sudah tidak pernah merasakan, yang namanya permaianan anak kecil, contohnya kelereng, gerobak sodor, atau tak jongkok dll, tapi mereka lebih suka dengan bermain dengan PS(Play Station) dan berlama-lamaan dengan TVnya.Mereka seperti mempunya dunia sendiri, seperti gw yang autis kalo udah di depan komputer hehe. Tapi bedanya adalah, anak kecil sekarang tidak di berikan kenimatan alam bebas seperti saat saya selalu bertemu dengan alam bebas dan tidak mesti kerumah. Dimana waktu masa kecil saya harus berpikir keras dimana saya tidak mempunya mainan, dimana saya harus membuat mainan sendiri karena tidak mempunya mainan.

Anak jaman sekarang lebih di manjakan dengan teknologi atau di manjakan oleh orangtuanya. Beda dengan di luar, walaupun dya autis (dalam hal ini , autis yang selalu bermain komputer dan sampe lupa waktu) mereka tetep bisa menemukan sesuatu dan menurut saya itu hebat sekali! Beda dengan bangsa Indonesia yang menyebabkan masih tertinggal dengan negara lain. Seperti saat saya lagi makan dengan papa, melihat sekeliling dari rumah makan, ternyata disana banyak ibu-ibu dan anaknya yang sedang mengobrol atau sekedar bergosip.Lalu papa saya pun angkat bicara, salah satu pembicaraannya

papa : aduh sedih deh, kalo bangsa indonesia kayak gini. Budayanya tuh berlama-lama ngobrol g penting ttus di bawalah anak-anaknya. Maka akan terciptalah sistem yang terus menurus. Anak-anaknya melihat seperti itu, pasti akan di tiru oleh mereka (baca : anak-anaknya).

Dalam hati, yah bener juga yah, sistem di Indonesia ini udah mulai rusak, malah udah rusak. Sudah tercipta sistem yang bikin rusak moral bangsa. Mereka tuh g ada semangat untuk berkembang di dalam diri sendirinya. Jadi saya heran aja, kenapa Indonesia bisa seperti ini. Tidak ada perkembann dari diri setiap probadi bangsa Indonesia. Saya melihat dari bahsanya yang sudah mulai hilang dan bangsanya yang sudah mulai kehilanan jati diri sendiri. Kita seperti tidak mempunya panutan yang bisa memimpin Indonesia kembali ke masa kejayaannya. Banyak budaya-budaya (jelek) yang sudah di ciptakan oleh para yang sudah tua. Mereka menciptakan sistem yang buruk dan Menyalahkan generasi mudanya. Inilah yang menciptkan rusaknya bangsa kita.

Saya berharap Indonesia kembali berjaya di duni internasional. amin.Berhubung dengan doa saya berharap Indonesia bisa maju. Saya suka heran, kenapa bangsa Indonesia tidak suka menuruti peraturan, walaupun saya juga tidak terlalu suka dengan peraturan [hehe]. Tapi seperti menyebrang dll itu menurut saya itukan buat keselamatan kalian juga, kenapa g di taatin sih?aneh y?Nah saya cukup geli saat melihat gambar yang di dapat dari milis. Melihat seorang polisi yang menghukum penyebran jalan yang tidak menaati peraturan. Seneng banget saya melihatnya.

pak polisi lagi menghukum seseorang yang nyebrangnya g di zebra cross

ini fot satu lagi, karena g nyebrang lewat zebra cross di hukum deh, disuruh jewer kuping sendiri

Melihat dua foto ini membuat saya seneng, akhirnya ada juga yang di hukum karena tidak menaati peraturan. Ada bentuk kongkritnya deh, soalnya saya klo lagi naik mobil trus melihat ada orang yang tidak lewat zebra cros atau jembatan penyebrangan padahal 2 benda itu deket banget, suka saya klaksonin hehe. Yah mari kita berharap semoga Indonesia bisa lebih maju dan lebih tetrib lagi deh :D

3 thoughts on “Bahasa dan Bangsa Indonesiaku

  1. jaaaak,,
    panjang amat yaaah??
    hohohohooo…

    eh,, mu nanya dumz??
    yang bener itu gobak sodor ataw gerobak sodor yaaah??
    hohohoo..
    n_n

    -aMeNanManiesJgBaeHati-

  2. @ame,
    emang rada panjang, yang ngomongnya lagi ngalur ngidul hehe,,

    klo menurut google c, g ada yang salah.
    yang tergantung daerahnya ajalah :D
    sama-sama bener koq :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s